Thursday, September 15, 2011

Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia

by Dr. Marsigit, M.A.
reviewed by Fitria Yelni (http://fitria-yelni.blogspot.com/)

Serangkaian kegiatan Lesson Study merupakan beragam kegiatan yang terorganisir secara kebudayaan yang membawa guru atau sekelompok guru untuk memajukan kemampuan berpikir matematis siswanya. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari guru baru, yakni yang belum memiliki pengalaman atau masa baktinya masih di bawah 1 tahun, hingga yang telah memiliki banyak pengalaman.
Tidak ada standar baku yang menjelaskan kriteria buku teks yang baik itu bagaimana. Namun jika melihat kenyataan di lapangan, sebagian besar guru dan siswa tentu setuju mengenai persepsi yang menyatakan bahwa buku teks yang baik adalah buku teks yang mudah dimengerti, terdapat contoh yang bagus, sistematis, dilengkapi soal yang baik, termasuk memiliki tempilan yang menarik.
Dalam mengembangkan buku teks matematika SMP, tahap awal yang dilalui adalah tahap pencarian ide. Perlu pula mempelajari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk mengetahui pencapaian apa yang harus terpenuhi. Setelah mempelajari secara mendalam kompetensi yang akan dicapai, maka akan ditemukan topik yang sesuai sehingga dengan mudah kita dapat memperinci perkiraan proses belajar mengajar, rencana materi ajar, metode pengajaran, peralatan yang digunakan, struktur kelas, skema interaksi dan skema pencapaian kompetensi siswa. Dengan begitu, guru memiliki data mengenai keadaan sebenarnya yang dapat dijadikan bahan refleksi aktivitas Lesson Study dan masukan bagi guru untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Tahap kedua adalah persiapan rencana informal. Dalam menghimpun hal-hal penting terkait pengajaran yang dilakukan, diperlukan usaha guru untuk mengumpulkan data dan sumber yang dibutuhkan untuk digunakan dalam pengembangan buku teks matematika. Kegiatan ini tentunya akan mematangkan rencana yang telah dibuat. Tahap selanjutnya adalah mulai menulis. Berdasarkan segala perencanaan dan data yang diperoleh tadi, diharapkan buku yang dibuat akan menjadi buku teks yang baik dan berkualitas mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Setelah buku teks yang dihasilkan telah siap, maka kita perlu bekerjasama dengan penerbit guna menerbitkan dan mempublikasi buku yang telah dibuat. Dalam berkolaborasi dengan penerbit, hal-hal krusial yang perlu diperhatikan adalah kesinambungan antara kriteria buku teks yang baik, kepercayaan, fakta dan prospek mendatang mengenai keuntungan yang diperoleh. Seorang penulis harus menunjukkan dan membangun secara rutin berbagai pengalaman mengajarnya, kegiatan penelitian kependidikan, inovasi pendidikan, dan lain sebagainya.
Buku teks yang telah dikembangkan tersebut dapat diperbaharui dengan dilakukannya berbagai aktivitas penelitian dan pengembangan. Kegiatan Lesson Study dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mengembangkan buku teks melalui tahap permulaan belajar, pengembangan hasil dan evaluasi buku teks yang dikembangkan.

No comments:

Post a Comment