By Dr.Marsigit,MA
Herawati Susilo (2003) menunjukkan bahwa pendekatan Studi Pelajaran tertutup memiliki beberapa ciri (a) siswa kerjasama dengan orang lain dalam pembelajaran mereka, (b) pengajaran dan pembelajaran kontekstual, (c) keterampilan hidup, (d) kegiatan langsung, (e) interaktif kurikulum yang berorientasi pada proses dan pengembangan silabus, dan (f) guru dan siswa otonom.
Tujuan khusus dari kegiatan Lesson Study adalah: (1) untuk mengembangkan instrumen dan peralatan untuk proses belajar mengajar, (2) untuk mengembangkan metode pengajaran dan model untuk proses pembelajaran, (3) untuk mengembangkan materi mengajar untuk proses belajar mengajar, dan (4) untuk mengembangkan evaluasi mengajar untuk proses belajar mengajar.
Isoda (2006) menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar, penting untuk mengembangkan perspektif guru, dan, belajar mendengarkan adalah kata kunci untuk pendekatan ini. Penelitian ini juga merekomendasikan bahwa untuk mendorong inovasi pendidikan, kepala sekolah perlu melakukan beberapa hal diantaranya: (1) menciptakan suasana yang baik untuk belajar mengajar, (2) mempromosikan dan menerapkan berbagai metode mengajar dan sumber daya belajar mengajar, (3) memberikan kesempatan bagi guru dan para siswa untuk melakukan inisiatif sendiri, (4) mempromosikan pembelajaran kooperatif, (5) mempromosikan penelitian kelas sebagai model untuk melakukan inovasi pendidikan (sebagaimana yang dilakukan oleh guru Jepang), (6) mendukung para guru menjadi untuk menjadi pengembang atau pembuat kurikulum, (7) mempromosikan otonomi guru dalam mengembangkan model kegiatan belajar mengajar, (8) menerapkan manajemen berbasis sekolah, (9) mendorong partisipasi orang tua siswa, dan (10) mempromosikan kerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya.
No comments:
Post a Comment