Thursday, January 12, 2012

PHILOSOPHY OF MATHEMATICS EDUCATION


By Dr.Marsigit,MA
Reviewed by Fitria Yelni (http://fitrialikemath.blogspot.com)


Tujuan utama dari filsafat pendidikan matematika ini adalah memfasilitasi siswa untuk mengembangkan ketertarikan mereka tentang pendidikan matematika dan keseluruhan aspeknya. Dalam tulisan yang ini, kegiatan dalam belajar mengajar akan fokus pada berbagi ide dan diskusi, di mana para siswa dimulai dari konteks mereka sendiri dan pengalaman, akan memperluas pemahaman mereka tentang perspektif dan komprehensif tentang filsafat pendidikan matematika. Juga akan membiarkan para siswa menghasilkan kesimpulan mereka sendiri dan berkomunikasi mereka untuk siswa lain dalam rangka untuk memvalidasi pengetahuan mereka.

Materi pembelajaran yang akan dibahas adalah:
·        Filsafat pendidikan Matematika,
·        Ideologi Pendidikan Matematika,
·        Yayasan Pendidikan Matematika,
·        Sifat Matematika dan Matematika Sekolah
·        Matematika adalah mencari pola dan hubungan
·        Matematika adalah aktivitas kreatif, yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan
·        Matematika adalah cara pemecahan masalah
·        Matematika adalah sarana mengkomunikasikan informasi atau ide-ide.

Memahami sifat dan karakteristik perkembangan remaja dapat menjadi upaya dalam memenuhi kebutuhan para siswa. Beberapa siswa belajar ketika mereka melihat apa yang sedang diajarkan, Yohanes Munchak (2004) menunjukkan bahwa dalam rangka untuk memberikan pelajaran yang baik, menarik dan menantang untuk setiap individu, maka perlu untuk menganggap bahwa siswa sebagai manusia. Setiap individu memiliki kemampuan, motivasi, sikap, tujuan, dan latar belakang budaya sendiri.
Tidak ada yang berpendapat bahwa pendidikan matematika terkait erat dengan masyarakat. Meskipun demikian, ada hal yang dapat kita telusuri sejauh mana hubungan atau keterkaitannya. Filosofis pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan implikasi perubahan pendidikan yang terdiri dari (1) Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan (2) Mengelola Perubahan Pendidikan.

No comments:

Post a Comment