Thursday, January 12, 2012

STIMULATING PRIMARY MATHEMATICS GROUP DISCUSSION


By Shisumi Shimizu and Dr.Marsigit,MA
Reviewed by Fitria Yelni (http://fitrialikemath.blogspot.com)

Mengamati perilaku siswa ketika mereka berinteraksi dengan benda-benda atau orang di sekitarnya, akan menjadi titik awal untuk membahas tentang mekanisme perkembangan kognitif mereka. Dalam berinteraksi, anak dapat melihat objek, memegang objek, mendengarkan suara atau berbicara dengan orang lain; secara spesifik, ia juga dapat mengkategorikan, menghafal atau bahkan membuat rencana untuk aktivitas tertentu.
Diskusi kelompok kecil dapat dianggap sebagai serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh guru yang mencoba untuk mendorong siswa untuk menjelaskan konsep yang mereka miliki kepada orang lain.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam praktek mengajar matematika berdasarkan model yang baik dari mengajar matematika primer dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalamannya dan mengamati serta merenungkan pengalaman itu.

Penelitian ini meliputi tindakan berikut : (1) mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar matematika, (2) merancang strategi untuk memecahkan masalah sebagai hasil komunikasi simetris antara peneliti dan guru, (3) menerapkan dan menguji strategi, (4) mengevaluasi efektivitas strategi, (5) merefleksikan hasil yang diperoleh, (6) kesimpulan atau masalah baru diidentifikasi, (7) mengulangi siklus hingga adanya peningkatan keaktifan mereka dalam praktek, (8) melaporkan temuan yang diperoleh.

Dalam penelitian tindakan kelas, peneliti berpendapat bahwa guru harus memiliki persiapan yang baik dan mengembangkan beberapa skema untuk mengajar. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak tidak hanya melakukan kegiatan di bawah bimbingan guru. Mereka mampu mengembangkan kegiatan mereka berdasarkan pengaruh pada arah dan fokus kegiatan sendiri. Dengan mengamati transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, peneliti menemukan bahwa memperhatikan beberapa lembar kerja yang dikembangkan oleh guru memiliki pengaruh jalannya kegiatan dan telah memulai dengan berbagai percakapan interaksi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kita dapat menafsirkan peran guru melalui perspektif siswa pada interaksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penelitian tindakan kelas, siswa tidak hanya menjadi sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor hidup pengetahuan mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment